Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Berada di Rumah

Asam lambung naik merupakan kondisi yang dapat diderita oleh siapa saja. Dimana asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan akan membuat penderitanya mengalami beberapa gejala yang dirasakan. Kondisi ini juga disebut dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD) dan mempunyai beberapa gejala yang dapat dikenali. Gejala yang paling umum dan mudah dikenali adalah ketika mengalami heartburn adalah rasa panas dan nyeri di bagian dada. Selain itu juga akan disertai dengan gejala mulut terasa pahit dan asam, sulit menelan, kurang nafsu makan, hingga mengalami mual dan muntah.

Gejala tersebut tentu saja bukan tanpa sebab karena ada beberapa faktor yang bisa menyebabkannya. GERD dapat terjadi ketika seseorang mengalami kondisi kesehatan tertentu yaitu mengalami radang tenggorokan esofagitis, radang lambung atau gastritis, dan juga gastroparesis atau perlambatan gerakan lambung. Selain itu bagi yang mengalami kelainan bawaan lambung seperti gastroschisis dan hernia hiatur juga akan mudah membuat asam lambung yang naik.

Selain kondisi kesehatan tertentu, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri IH pylori, obesitas, efek samping obat-obatan tertentu, mengkonsumsi makanan tidak sehat, makan setelah tidur, hingga mempunyai kebiasaan tidak sehat seperti merokok. Untuk mencegah agar tidak mengalami GERD, maka seseorang bisa untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Akan tetapi apabila sedang mengalami naiknya asam lambung, Anda juga tidak perlu khawatir berlebihan. Karena kondisi tersebut bisa ditangani dengan mudah di rumah dengan cara berikut ini:

  • Jahe

Cara penanganan terhadap asam lambung yang naik yang dapat dipilih adalah menggunakan jahe. Bahan herbal alami untuk asam lambung ini memang dikenal baik untuk kesehatan utamanya meredakan radang tenggorokan dan masalah pada tenggorokan lainnya. Selain itu jahe juga mempunyai sifat antiradang yang baik untuk mengatasi nyeri di ulu hati yang dirasakan. Jahe juga baik dikonsumsi karena dapat mengurangi rasa kembung dan mual yang dirasakan. Oleh karena itulah bagi yang mengalami gejala asam lambung mulai naik, maka bisa mengkonsumsi jahe hangat untuk mengatasi gejala yang dirasakan.

  • Akar manis

Cara selanjutnya untuk menangani asam lambung yang naik adalah dengan akar naik. Licorice atau akar manis mempunyai manfaat untuk meredakan gejala nyeri yang dirasakan pada bagian dada. Hal tersebut karena akar manis mempunyai kandungan antioksidan dan antiradang. Sehingga mempunyai khasiat untuk mengurangi pembengkakan dan juga peradangan pada luka yang ada di lambung dan kerongkongan.

  • Akar marshmallow

Akar marshmallow mempunyai manfaat untuk meredakan batuk hingga mengatasi infeksi bakteri yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Selain itu, jenis tanaman ini juga akan memberikan manfaat perlindungan pada dinding lambung. Sehingga bagian tersebut tidak akan mudah terluka apabila terkena cairan asam lambung. Jenis tanaman ini juga mempunyai manfaat lainnya untuk pengobatan masalah pencernaan dan pembengkakan yang terjadi di saluran pernafasan.

  • Teh chamomile

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi naiknya asam lambung yang bisa ditemukan di rumah adalah teh chamomile. Bahan ini mempunyai manfaat untuk meredakan rasa nyeri di bagian perut dan ulu hati. Selain itu juga mengurangi rasa mual, muntah, hingga susah tidur yang menjadi akibat dari kondisi asam lambung yang naik. Oleh karena itulah Anda bisa mengkonsumsi teh chamomile secara rutin yang bermanfaat untuk mencegah gejala kenaikan asam lambung. Selain teh chamomile, bahan lainnya yang memberikan manfaat untuk kondisi ini adalah sayuran hijau, oatmeal, buah yang tidak asam, dan daging tanpa lemak.

 

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Promag. Diakses pada 2020. Herbal Alami Untuk Atasi Asam Lambung.

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *