Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Flek hitam di wajah umumnya dipahami sebagai salah satu tanda penuaan. Padahal bukan itu saja, flek hitam bisa muncul karena banyak faktor, mulai dari paparan sinar UV berlebih, penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya, faktor genetik, dan lainnya.

Berikut beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah dan beberapa faktor yang jadi pemicu munculnya flek hitam tersebut.

  • Faktor genetik. Ini merupakan salah satu faktor penyebab flek hitam yang cukup tinggi. Penelitian membuktikan jika peran dari faktor genetik ini mencapai 20-70%.
  • Paparan sinar UV berlebih tidak hanya menyebabkan kulit menjadi kering, dan mempercepat proses penuaan kulit, tapi juga bisa jadi penyebab utama munculnya flek hitam di wajah.
  • Perubahan hormonal, terutama hormon estrogen dapat mempengaruhi produksi melanin di kulit dan jadi penyebab utama munculnya flek hitam. Resikonya semakin tinggi jika dipadukan dengan faktor usia, dan gaya hidup yang buruk.
  • Penggunaan obat-obatan tersebut, bisa jadi penyebab utama munculnya flek hitam, seperti konsumsi pil KB, terapi hormon, obat-obatan untuk penyakit fungsi tiroid, dan lainnya. 
  • Penggunaan kosmetik, terutama produk kosmetik yang mengandung merkuri dan bahan-bahan berbahaya lainnya, ternyata turut andil menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.
  • Flek hitam bisa muncul akibat peradangan di kulit, salah satu contohnya adalah, peradangan yang yang disebabkan oleh jerawat, memencet komedo dan lainnya. 

Selain itu, faktor usia dan penyakit tertentu bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Beberapa contoh penyakit yang dapat berkontribusi terhadap munculnya flek hitam adalah diabetes, penyakit addison, penyakit hati, tumor hipofisis, dan lainnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Flek hitam di Wajah?

Kunci utama untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah, perawatan rutin. Kamu bisa rutin mengaplikasikan berbagai produk skin care, terutama produk-produk yang bermanfaat untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Tapi ingat, pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang dipastikan aman dan cocok di kulit kamu. Agar lebih aman, konsultasikan dulu dengan dokter, dan pastikan untuk membeli produk skin care di toko atau outlet resmi produk yang kamu pilih. 

Selain itu, kamu juga bisa menempuh beberapa prosedur medis. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan prosedur medis tertentu.

  • Perawatan laser. Ini merupakan perawatan yang cukup efektif dan sangat cepat menghilangkan flek hitam. Prosedur ini dilakukan dengan energi cahaya yang terfokus.
  • Pengelupasan kimia. Prosedur ini menggunakan bahan-bahan kimia, seperti penggunaan asam salisilat atau asam glikolat. Hati-hati, metode ini rentan menyebabkan iritasi.
  • Cryosurgery, merupakan perawatan yang dilakukan dengan membekukan kulit menggunakan larutan nitrogen cair untuk menghilangkan flek hitam.

Selain itu, ada juga metode Mikrodermabrasi. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan kristal halus yang disemprotkan lewat alat khusus. Setelah itu permukaan kulit akan digosok hingga flek hitam tersebut menghilang. Tapi hati-hati, metode ini juga rentan menyebabkan iritasi. 

Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Untuk mencegah datangnya flek hitam, selain dengan menghindari beberapa penyebab utama munculnya flek hitam, kamu pun sangat disarankan untuk menangkal paparan sinar matahari berlebih dengan rutin menggunakan Biore New UV Sunscreen.

Dengan #3in1UVCare, Biore New UV Sunscreen dapat memberikan proteksi yang lebih optimal dari dampak buruk sinar UV, sehingga dapat meminimalisir munculnya flek hitam di wajah. Selain itu, produk ini bisa membantu mengatasi kulit belang dan mengontrol kelebihan minyak.

Biore New UV Sunscreen hadir dalam dua varian, yakni Oil Control dan Instant Cover. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis kulit. Dapatkan lebih banyak info mengenai kulit serta perawatannya melalui website KLA yang beralamat di https://www.kaolifeacademy.com/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.