5 Jenis Pohon Cemara yang Populer dan Bermanfaat

Pohon cemara memang diakui memiliki keunikan yang sangat khas dan pastinya sudah diketahui oleh banyak orang. Anda juga temukan bahwa pohon cemara banyak sekali digunakan sebagai tanaman hias ataupun untuk dekorasi saat perayaan natal.

Cemara lebih dipilih sebagai tanaman hias karena perawatannya yang cenderung mudah. Tanaman ini juga kerap disebut sebagai evergreen sebab daunnya tidak mudah kering ataupun rontok. Cemara Pun juga mampu bertahan hingga ratusan tahun.

Kini, pohon cemara sudah tersebar hampir diseluruh belahan dunia seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia, termasuk juga Indonesia. Sebab tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi hingga pesisir dengan beragam spesies. Berikut ini jenis pohon cemara yang harus Anda ketahui.

  1. Cemara norfolk

Sesuainya namanya, cemara ini berasal dari Pulau Norfolk di daerah Samudera Pasifik. Adapun nama latinnya adalah Araucaria heterophylla yang biasanya juga disebut sebagai bintang pinus. Cemara Norfolk juga bisa tumbuh subur pada daerah dengan kelembaban tinggi dan juga memperoleh sinar matahari yang cukup di sepanjang hari.

Cemara norfolk juga dianggap bisa menghasilkan resin yang bisa berguna untuk bahan pembuat kosmetik. Cemara ini juga kerap digunakan sebagai pohon natal. Anda bisa dapatkan bibit cemara Norfolk mulai harga Rp. 25.500.

  1. Cemara kipas

Cemara kipas juga sering disebut dengan white cedar atau latinnya Thuja occidentalis. Cemara ini habitat alaminya yaitu di hutan basah dan rawa-rawa yang ketinggiannya 10 sampai 20 meter.

Ciri-ciri cemara kipas yaitu cabang daunnya mengerucut ke samping dan membentuk kipas. Para suku Indian percaya bahwa cemara ini bisa digunakan sebagai obat mencret dan obat batuk. Anda bisa membeli cemara kipas mulai harga Rp. 30.000.

  1. Cemara pensil

Cemara pensil memiliki daun yang rimbun dengan warnanya hijau tua, kayunya memiliki bau yang wangi. Cemara pensil berasal dari Mediterania dan biasanya dijadikan untuk tanaman hias di Eropa dan Florida.

Cemara ini bisa beradaptasi saat kondisi kering namun lebih cocok pada daerah yang lembab. Cemara pensil jika terkena angin, maka pohonnya bisa membungkuk. Untuk harganya sendiri, cemara pensil bisa Anda dapatkan mulai harga Rp. 22.500.

  1. Cemara laut

Apabila Anda sering berkunjung atau berwisata ke daerah Pantai, terutama bagian selatan Pulau Jawa, pastinya sudah tidak asing dengan cemara laut ini. Jenis cemara ini habitatnya di daerah Pesisir, sehingga bisa beradaptasi dengan angin laut.

Adapun nama lain dari cemara laut yaitu Casuarina equisetifolia. Untuk Anda yang berminat ingin menanam bibitnya, maka bibit cemara laut bisa dibeli dengan harga mulai Rp.15.000 saja.

  1. Cemara pua pua

Nama jenis cemara terakhir ini tidak kalah unik, cemara ini juga sering disebut Cemara Papua dan cemara natal. Bentuknya yaitu menyerupai tanduk rusa dan bisa hidup hingga ratusan tahun.

Biasanya orang memanfaatkan cemara pua pua ini sebagai pohon natal. Harga cemara ini dijual dengan bervariasi karena tergantung dari ukurannya, namun Anda akan jumpai mulai harga Rp. 16.000 yang pastinya sangat terjangkau sekali.

Demikianlah jenis pohon cemara yang kini sangat populer sekali digunakan untuk tanaman hias. Selain itu, juga ada beberapa pohon cemara yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Masing-masing pohon cemara memang memiliki khas masing-masing, baik dari segi fungsi, tempat tumbuh, manfaat, ataupuns strukturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *